Tips Lulus Sidang Skripsi – Nah, buat Anda yang akan menghadapi sidang skripsi tidak perlu ikut tegang. Jangan hingga Anda harus mengulang sidang skripsi. Atau nilai sidang skripsi Anda jeblok.karena ada kok caranya agar sidang skripsi mampu berjalan lancar dan penuh kenyamanan. Cara ini akan menghasilkan Anda siap lahir batin demi melakoni tahapan pamungkas buat menambahkan titel sarjana di belakang nama.Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari lp3i-surabaya.

Menggunakan Pakaian Rapi Dan Sopan

Pastikan saat ujian skripsi dimulai kamu menggunakan pakaian rapi dan sopan. Biasanya dresscode untuk ujian skripsi adalah bawahan hitam dan atasan putih. Jangan sampai kamu salah kostum saat hadir di ruang persidangan.

Terima Setiap Masukan

Banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa dosen penguji tidak akan memaksamu untuk mengetahui semua hal. Sangat dimaklumkan apabila kamu tidak bisa menjawab atau tidak mengetahui beberapa hal yang ada di skripsimu.Ketika kamu tidak bisa menjawab, berikan pernyataan yang jujur bahwa kamu tidak tahu. Apabila kamu tidak yakin dengan jawabanmu, sampaikan bahwa kamu tidak tahu, kemudian diikuti dengan pendapat dan analisamu sendiri.

Latihan Presentasi Dan Manfaatkan Momen Pra-Sidang

Sebelum sidang, banyak kampus memberikan kesempatan melakukan pra-sidang. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai simulasi sidang, di mana kamu akan presentasi dan diuji oleh dosen pembingbing skripsimu. Manfaatkan kesempatan emas ini untuk menyiapkan slide presentasi dengan baik dan mintalah masukan dari dosen pembimbing. Saat pra-sidang, kamu juga bisa menyimak dan mencatat pertanyaan yang diberikan sebagai gambaran saat sidang asli nanti.

Baca Juga : Pendaftaran Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie, Daftarkan Dirimu!

Hindari Mengeluarkan Argumen Tidak Masuk Akal

Tips menghadapi ujian skripsi selanjutnya adalah hindari menjawab pertanyaan dengan pernyataan tidak masuk akal hanya karena kamu tidak mau mengakui bahwa kamu tidak tahu.Dosen penguji pasti maklum dan justru menghargai setiap pendapat dan kejujuran mahasiswanya, dibandingkan jika mahasiswa malah bersikeras mendebat dengan jawaban yang salah.

Simak Dan Catat Masukan Dari Dosen Penguji

Dari berbagai tanggapan dan masukan yang kamu terima, simaklah dengan baik dan bisa kamu catat. Bila kamu sulit menulis cepat, kamu bisa siapkan sejak sebelum presentasi recording dengan hp-mu supaya tidak terlewat. Hal ini harus dilakukan agar kamu bisa ingat apa saja yang harus kamu perbaiki atau tambahkan dalam skripsimu karena biasanya setelah sidang, kamu masih diharuskan melakukan revisi sebelum submit hasil akhir skripsi.